Rabu, 12 Desember 2012

Manfaat Gerakan Sholat



             Sholat 5 waktu adalah kewajiban tiap muslim di dunia ini yang tidak boleh ditinggalkan dengan alasan apapun di samping kita masih mendapat rukhsoh (keringanan) dari Allah SWT. Mungkin karena itulah amalan yang pertama dihisab di akhirat kelak adalah sholat fardlu. Seperti inilah asumsi dari mayoritas umat muslim. Tetapi sesungguhnya arti sholat tidak hanya sekadar menggugurkan kewajiban yang telah kita terima sejak Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra' Mi'raj. Ada makna tersendiri ketika kita menghayati dari setiap gerakan sholat tersebut. Sholat termasuk ibadah mahdhoh atau goiru ma'qul yakni ibadah yang tidak masuk akal. Gerakan-gerakan dalam solat bukan gerakan yang biasa. Terkadang kita bertanya-tanya mengapa harus takbir? mengapa harus rukuk, sujud, dan lain sebagainya. Dan di situlah sesungguhnya terdapat rahmat Allah SWT terhadap umat muslim yang menunaikannya. Subhanallah yang telah mengatur segala apa yang ada di dunia ini untuk kebaikan manusia sendiri. Adanya batas antara halal dan haram, baik makruh, syubhat, ataupun mubah tidak lain hanyalah untuk kepentingan dan kebaikan manusia itu sendiri. Hanya saja kita yang tidak mengetahuinya atau mungkin tidak mau membuka hati untuk mengetahuinya.
          
  Sholat 5 waktu yang kita dirikan setiap hari tanpa terasa telah membawa 2 manfaat dalam diri kita. yaitu manfaat rohani dan jasmani.Dalam manfaat jasmani, sholat telah memberi investasi kesehatan terhadap tubuh kita.
 TAKBIRATUL IHRAM.
Postur: berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah
Manfaat: Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

RUKUK.
Postur: Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.
Manfaat: Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot – otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.
I’TIDAL
Postur: Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak,mengangkat kedua telapak tangan setinggi telinga.
Manfaat: I'tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri, bungkuk, berdiri, lalu sujud merupakan latihan pencernaan yang baik.Organ pencernaan mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian sehingga pencernaan lebih lancar.

SUJUD
Posisi: menungging, meletakkan dahi, kedua telapak tangan, lutut dan ujung kaki di atas tanah.
Manfaat: liaran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak.Posisi jantung di atas otak menyebabkan jantung kaya oksigen dan bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tumakninah jangan tergesa-gesa.Postur ini juga menghindarkan wasir, dan memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan. 
 Sujud adalah posisi terdekat seorang hamba terhadap Rabb-nya.posisi yang subhanalah mengingatkan kita betapa lemah dan tiada dayanya manusia tanpa pertolonganNya. Hanya dalam posisi inilah dimana kepala manusia terletak sejajar dengan tanah dan lebih rendah daripada hati fan (maaf) pantatnya. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini, berdoalah dan memintalah selagi kita bisa, dan menangislah. Karena kita begitu kerdil dan kecil di hadapanNya yang Maha Kuasa.
DUDUK
Manfaat: Saat iftirosy kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nevus Ischiadius. Posisi ini menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria karena tumit menekan aliran kantung kemih, kelenjar kelamin pria, dan vas deferens.Jika dilakukan dengan benar, postur ini mencegah impotensi.Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarrukmenyababkan seluruh otot tungkai meregangdan kemudian relaks kenbali. Gerak yang harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ kita.
SALAM
Gerakan: memutar kepala ke kanan dan ke kiri
Manfaat: Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan mengencangkan kulit wajah. Beribadah secara terus menerus bukan hanya menambah iman tetapi juga mempercantik diri luar dalam.

Sumber: www.Republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar